Skip to main content

Soal PAS IPS SMP Kelas 7 K13 Tahun 2022/2023 (Online)

Soal PAS IPS SMP Kelas 7 K13 Tahun 2022/2023 (Online)
Bimbinganguru.com - Di kesempatan ini admin akan membagikan Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) di mata pelajaran IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII SMP/MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi berbentuk lembar ujian online dan pdf.

Soal PAS IPS SMP Kelas 7 K13 Tahun 2022/2023 (Online)

Soal PAS IPS Kelas 7 merupakan berkas yang digunakan tahun sebelumnya yang masih sesuai dengan pembelajaran kurtilas di tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan PAS Ganjil digunakan tenaga pendidik untuk mengukur hasil belajar siswa, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan kinerja pembelajaran di kemudian hari.

Soal PAS IPS SMP Kelas 7 K13 Tahun 2022/2023 (Online)


Materi PAS IPS (Wajib) diambil dari Buku Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 terbaru, diselaraskan berdasarkan kisi - kisi. Serta diberikan kunci jawaban (di paket lainnya) di berkas dokumen pdf terlampir.

I. Pilihlah jawaban yang benar dengan menyilang A, B, C atau D.

1. Wilayah A merupakan penghasil sayur sedangkan wilayah B penghasil ikan, wilayah A membutuhkan ikan dan wilayah B membutuhkan sayur. Jika masing-masing wilayah tersebut saling memeiliki kelebihan (suplus ) maka wilayah A ber interaksi dengan wilayah B.

Pernyataan tersebut menunjukan interaksi antarruang yang terjadi karena …
A. Saling Melengkapi 
B. Kesempatan antara 
C. Transferability 
D. Wilayah regional

2. Peta selalu dilengkapi dengan komponen – komponennya agar pembaca peta tidak mengalami kesulitan. Peta kecil yang ada pada suatu peta untuk menunjukkan lokasi daerah yang dipetakan di antara lokasi lainnya yang lebih luas disebut dengan …
A. Simbol 
B. Skala 
C. Legenda 
D. Inset

3. Ani adalah seorang murid yang rajin, ia juga menjadi anggota OSIS di sekolahnya. Karena ia merupakan murid yang rajin, maka banyak teman yang ingin belajar dengan dirinya. Untuk itu, ia selalu melakukan kegiatan belajar bersama dalam sebuah kelompok. Ia juga sering malakukan diskusi dengan kelompok belajarnya tersebut, maka pola interaksi sosial yang dilakukan oleh Ani adalah …
A. Kelompok dengan kelompok 
B. Individu dengan kelompok 
C. Individu dengan individu
D. Kelompok dengan masyarakat

4. Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan peta diatas berkaitan dengan angin muson adalah … 
A. Terjadi pada bulan Oktober – Maret menyebabkan indonesia mengalami musim kemarau B. Terjadi pada bulan April –September menyebabkan indonesia mengalami musim kemarau C. Terjadi pada bulan April –September menyebabkan indonesia mengalami musim hujan
D. Terjadi pada bulan Oktober – Maret menyebabkan indonesia mengalami musim hujan

5. Perhatikan peta berikut !
Pada gambar disamping garis yang ditunjukkan pada huruf A dinamakan garis ...
A. Garis astronomi 
B. Garis webber 
C. Garis koordinat
D. Garis Wallace

6. Ketika bencana tsunami terjadi di nusa tenggara menimbulkan banyak korban. Kejadian tersebut menimbulkan keprihatinan dari berbagai pihak. Kemudian, banyak masyarakat yang membantu menyalurkan bantuan untuk meringankan beban korban tsunami di nusa tenggara. Proses ini disebut...
A. Imitasi 
B. Identifikasi 
C. Sugesti 
D. Empati

7. Artis instagram atau biasa dikenal dengan selebgram sering kali memamerkan barang dan
aksesorisnya di sosial media, Okta yang menjadi pengikutnya akhirnya membeli barang tersebut tanpa berpikir panjang, ia melakukan hal tersebut karena ingin memiliki sesuatu yang oleh artis idolanya. Tindakan yang dilakukan Okta dikategorikan sebagai....
A. imitasi karena Okta ingin memiliki sesuatu yang dimiliki oleh artis idolanya.
B. Motivasi karena Okta terdorong atau terpengaruh terhadapat artis idolanya untuk memiliki barang tersebut
C. Sugesti karena memberikan pengaruh buruk pada Okta karena Okta melihat kehidupan pribadi artis tersebut
D. Simpati karena okta merasakan hal yang Artis Idolanya rasakan kebahagiaannya membeli produk serupa.

8. Dika merupakan anak dari Pak Broto yang merupakan tuan tanah di desannya. Pak Broto sangat terkenal dan dihormati di lingkungannya, sehingga Dika yang merupakan anaknya juga mendapat perlakuan yang sama dari lngkungannya.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, maka status sosial yang dimiliki Dika disebut …
A. Achieved statrus 
B. Ascribed status 
C. Assigned status 
D. Penghargaan

9. Dengan rasa kepeduliannya terhadap rakyat dan perekonomian di Indonesia, Bung Hatta membuat gerakan ekonomi kerakyatan lewat koperasi. Menurut Hatta, tujuan Negara adalah memakmurkan rakyat dengan berlandaskan atas asas kekeluargaan dan bentuk perekonomian yang paling cocok bagi Indonesia adalah ‘usaha bersama’ secara kekeluargaan. Di mana usaha bersama menurut Bung Hatta adalah koperasi. Atas kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia, Bung Hatta diangkat sebagai Bapak Koperasi Indonesia pada tahun 1953 saat kongres II di Bandung. 
Dari uraian tersebut merupakan bentuk status sosial ..
A. Ascribed status 
B. Achieved status 
C. Assigned status 
D. Tipe status

10. Interaksi sosial pada gambar di samping merupakan jenis interaksi sosial antara ....
A. Individu dan individi 
B. kelompok dan individu 
C. individu dengan kelompok
D. kelompok dan kelompok

11. Keluarga merupakan tempat pertama di mana anak mengenal dunia. Melalui keluargalah anak belajar mengenal, mengerti dan memahami suatu hal yang baik maupun yang buruk. Sehingga anak mengetahui nilai dan norma yang ada di masyarakat. Dalam hal ini keluarga berperan sebagai pelindung sehingga anak akan merasa aman.
Dari uraian diatas merupakan fungsi lembaga keluarga berupa fungsi …
A. Afeksi 
B. Reproduksi 
C. Proteksi
D. Ekonomi

12. Bapak RT memiliki suatu rencana atau kegiatan, tetapi warga tidak setuju dengan rencana tersebut, sehingga lahirlah rasa tidak suka atau benci yang terwujud dengan tidak membantu dalam melancarkan atau terwujudnya kegiatan tersebut.
Dari ilustrasi tersebut merupakan bentuk interaksi sosial yang bersifat disosiatif yang berbentuk …
A. Persaingan
B. Konflik 
C. Pertentangan 
D. Kontravensi

13. Lembaga sosial salah satunya adalah lembaga keluarga. Keluarga diharapkan akan memberikan kehangatan perasaan pada anggota keluarganya seperti seorang bapak yang tetap memberikan perhatian dan kasih sayang kepada anank-anaknya tanpa membeda-bedakan.
Hal ini disebut dengan fungsi …
A. Sosialisasi 
B. Pengawas sosial 
C. Pemberian status 
D. Afeksi

Tandailah dengan centang (√) pada jawaban yang benar (jawaban boleh lebih dari satu) untuk soal no 14 - 16

14. Indonesia merupakan Negara yang terkenal dengan sumber daya alamnya. Dimana sumber daya alam yang dimiliki Indonesia tersebar mulai dari permukaan tanah hingga di dibawah tanah. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi tiga macam, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, dan sumber daya alam yang kekal atau tidak akan habis. Contoh sumber daya alam antara lain udara, hewan, tumbuhan, Angin, ikan, air, minyak bumi, tanah, batu bara, dan gas alam dan sinar matahari.
Yang termasuk sumber daya yang dapat diperbarui adalah …
⛉ Hewan 
 Tumbuhan 
 Gas Alam
⛉ Sinar Matahari

15. Berikut merupakan fungsi – fungsi Lembaga social. Yang termasuk fungsi dari Lembaga agama adalah …
⛉ Menciptakan dan memelihara ketertiban di lingkungan wilayah kekuasaanya. 
 Sebagai sumber dalam kebenaran
⛉ Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
⛉ Sebagai pedoman untuk rekreasi dan hiburan.

16. Berikut adalah batas wilayah negara Indonesia.
1. Papua Nugini 6. Selat Malaka
2. Australia 7. Laut Cina Selatan
3. Filipina 8. Timor Leste
4. Singapura 9. Samudra pasifik
5. Samudra Hindia 10. Malaysia
Pilihlah batas wilayah Indonesia bagian Utara dibawah ini ….
⛉ Papua Nugini 
 Malaysia 
 Selat malaka
⛉ Laut Cina Selatan

Lingkarilah pernyataan benar atau salah pada soal no 17 dan 18 berdasarkan pernyataan berikut ini!

Indonesia terkenal sebagai “tanah surga”. Ungkapan ini disematkan bukan tanpa alasan. Hal ini lantaran berbagai kekayaan alam yang terkandung di dalamnya seperti batu bara, rempah-rempah, padi, hasil perkebunan dan pertanian, kayu, bijih besi, kekayaan hutan, dan emas. Namun, dengan melimpahnya kekayaan alam di tanah air menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi kita untuk memanfaatkan dengan baik, guna menjaga keberlanjutan sumber daya alam (SDA) ini ke generasi berikutnya.Persebaran hasil tambang di Indonesia hampir merata di seluruh wilayah. Hal ini dikarenakan Indonesia dilalui oleh 2 rangkaian cincin api dunia yang mengakibatkan Indonesia

kaya akan bahan tambang. Adapun beberapa kekayaan tambang diantaranya berupa minyak bumi, batu bara, gas alam, pasir besi, baja, timah dan sebagainya.penyebaran sumber daya alam di Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya

• Faktor Geologis yaitu Indonesia merupakan pertemuan 3 lempeng aktif dunia, yaitu Eurasia, Pasifik dan Indo Australia yang memungkinkan terbentuknya berbagai macam mineral di bawah bumi.
• Faktor iklim : Kepulauan Indonesia yang berada di wilayah equator menyebabkan beriklim tropis dan kaya akan flora dan fauna yang beragam.
• Faktor geomorfologi yaitu Geomorfologi alam di Indonesia terdiri dari pesisir, dataran rendah, dataran tinggi hingga gunung mengakibatkan variasi sumber daya alam di Indonesia

Tandailah dengan centang (√) pada jawaban yang benar (jawaban boleh lebih dari satu) untuk soal no 19 – 20

Keanekarangan fauna di Indonesia secara langsung maupun tidak langsung dipengaruhi oleh keadaan floranya. Luasnya wilayah dan sejarah geologi yang panjang menjadikan Indonesia sebagai Negara yang memiliki kekayaan fauna yang patut dibanggakan.Persebaran fauna di Indonesia dipengaruh oleh letak geografis, meliputi wilayah Sumatra, Maluku, Sulawesi, jawa dan papua dan wilayah disekitarnya. Berdasarkan wilayah dan karakteristik persebaran fauna di Indonesia, secara garis besar dapat di bagi menjadi tiga, yaitu Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Adapun jenisnya antara lain :
1. Harimau
2. Komodo
3. Gajah
4. Anoa
5. Kanguru Pohon

19. Berdasarkan uraian diatas pilihlah persebaran fauna sesuai dengan wilayah pesebaraannya.

20. Tentukan jenis – jenis fauna diatas berdasarkan persebarannya !

II. Isilah titik-titik berikut ini dengan jawaban singkat
21. Secara geografis wilayah Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudra, yaitu samudra Hindia dan…
22. Menjelang hari raya idul adha, masjid al furqon yang terletak di kampung melayu menyelenggarakan kerja bakti massal yang melibatkan semua warga sekitar dari latar belakang agama, suku, dan daerah. Berdasarkan uraian diatas merupakan bentuk interaksi sosial yang bersifat…
23. Untuk memenuhi pendidikan, maka orang tua akan mendaftar kan anaknya di sekolah. Disekolah terdapat aturan yang harus dipatuhi. Peraturan sekolah serta semua hal yang berkaitan dengan pendidikan diatur pada lembaga ….
24. Apabila dua kelompok dengan kebudayaan yang saling berbeda mengadakan hubungan dan saling bertukar kebudayaan dengan janka waktu lama dan lambat laun kebudayaan asli akan berubah sifat dan wujudnya membentuk kebudayaan baru. Merupakan bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif yang berupa …
25. Akomodasi, asimilasi dan akulturasi merupakan bentuk interaksi sosial yang bersifat …

III. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar
26. Jelaskan yang dimaksud dengan kerjasama ?....
27. Faktor apa saja yang mendasari terjadinya interaksi sosial …
28. Apa yang dimaksud achieved status ? …
29. Contohkan yang termasuk lembaga agama!
30. Jelaskan yang dimaksud lembaga pendidikan !


Demikianlah Soal PAS IPS SMP Kelas 7 K13 Tahun 2022/2023 Semester 1 yang kami bagikan, semoga bermanfaat bagi pengunjung Bimbinganguru.com. Terima kasih atas kunjungannya.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).