Skip to main content

Kumpulan Soal KSM IPS MTS Tahun 2023 (Kabupaten/Kota)

Kumpulan Soal KSM IPS MTS Tahun 2023 (Kabupaten/Kota)

Bimbinganguru.com - Di kesempatan kai ini admin akan membagikan adalah Kumpulan Soal KSM IPS MTS Tahun 2023 Tingkat Kabupaten/Kota dan Kunci Jawaban. Dibagikan secara gratis kepada pembimbing dan peserta agar dipergunakan sebagaimana mestinya sebagai media pengkajian materi dan kisi-kisi untuk memantapkan diri dalam pelaksanaan KSM di mata pelajaran IPS MTS Terintegrasi.

Penyelenggaraan KSM IPS (Ilmu Pengetahun Sosial) di tahun 2023 memiliki skema yang sama dengan tahun sebelumnya. Yaitu diselenggarakan di Satuan Pendidikan masing-masing atau tempat yang ditentukan oleh Panitia Kompetisi Sains Madrasah MTS tingkat kabupaten/kota.

KSM MTS Tingkat Kabupaten/Kota

Kumpulan Soal KSM IPS MTS Tahun 2023 (Kabupaten/Kota)

KSM IPS MTS Kabupaten/Kota merupakan tahap seleksi KSM tingkat Kabupaten/Kota. Tahapan ini bertujuan untuk menjaring siswa-siswi terbaik di bidangnya masing-masing yang mewakili Madrasah Tsanawiyah (MTS) di masing-masing kabupaten/kota untuk mengikuti tahapan KSM tingkat provinsi.

Adapun materi KSM IPS MTS, yang telah terintegrasi keislaman dalam pelaksanaan Kompetensi :
1) Kombinatorika Bilangan: Operasi bilangan bulat dan sifat-sifatnya, Sifat-sifat bilangan berpangkat Aljabar: himpunan, relasi dan fungsi, perbandingan senilai dan berbalik nilai, operasi aljabar, persamaan dan pertindaksamaan, sistem persamaan linear dua peubah, barisan dan deret. 
2) Geometri: garis dan sudut, bangun datar, teorema Phythagoras, transformasi, bangun ruang 
3) Kombinatorika: statistika, peluang 
4) Kapita selekta (pemecahan masalah kontekstual yang berkaitan dengan bilangan, aljabar, geometri, kombinatorika

Dalam penyelenggaraannya, Tes KSM IPS MTS berbasis komputer dengan format soal berbentuk soal pilihan ganda dan/atau esai pendek yang disusun oleh Panitia KSM Nasional, fasilitas ujian KSM diselenggarakan oleh Komisi Satuan Pendidikan, atau Komite Kabupaten/Kota, dan penilaian terpusat dilakukan oleh Komite KSM Nasional.

Kumpulan Soal KSM IPS MTS Tahun 2023 (Kabupaten/Kota)


Contoh soal KSM IPS Kabupaten/Kota Terintegrasi Tahun 2023 yang bimbinganguru.com bagian berupa dokumen, total 5 berkas, salah satunya sudah tersedia jawaban penyelesaiannya. Semuanya merupakan naskah asli KSM IPS tingkat MTS di tahun-tahun sebelumnya. 

Selanjutnya, untuk mengunduh Contoh Soal KSM di bidang IPS jenjang Madrasah Tsanawiyah Tahun 2023 di Tingkat Kabupaten/Kota. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
Download

Selain contoh soal KSM Ilmu Pengetahuan Sosial, terdapat juga kumpulan soal Kompetisi Sains Madrasah di bidang lainnya yang bisa didapatkan secara gratis. Silahkan kunjungi tautan berikut ini :

Dengan tersedianya contoh soal KSM IPS MTS Kabupaten/Kota ini diharapkan bermanfaat bagi peserta dalam berlatih dan mempersiapkan diri menghadapi Kompetensi Sains Madrasah jenjang Madrasah Tsanawiyah.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).