Skip to main content

Kumpulan Soal Latihan KSM Geografi MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Geografi MA Tingkat Nasional 2023

Bimbinganguru.com - Hallo sobat Madrasah, pada kesempatan kali ini kami membagikan Kumpulan Contoh soal KSM Geografi MA 2023 tingkat nasional dalam format pdf dan pengerjaan online.

Informasi ini dapat diunduh dan digunakan sebagai bahan pelatihan untuk mempersiapkan peserta dalam kegiatan Kompetisi Sains Madrasah di bidang Geografi jenjang Madrasah Aliyah (MA). Dalam pelaksanaannya, seleksi Lomba Geografi Madrasah Sains dilaksanakan secara nasional bersamaan dengan media komputer dan yang lebih dikenal dengan CBT - Computer Based Test.

Dewan juri diawasi dan ditunjuk oleh Panitia Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional dengan mempertimbangkan hasil tes dan penilaian integritas peserta.

Kumpulan Soal Latihan KSM Geografi MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Geografi MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Contoh Soal KSM Geografi jenjang MA Tingkat Nasional yang kami bagikan merupakan arsip naskah asli pelaksanaan ajang kompetisi dalam beberapa tahun terakhir. Pembimbing dan peserta dapat menggunakannya kembali untuk menganalisa bentuk materi, tata bahasa, dan sistem pengerjaan sebagai referensi di Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023 mendatang.

Baca Juga :
Selain itu, soal latihan KSM Geografi MA Nasional 2023 dengan informasi berupa 3 dokumen sudah dibagikan secara online dan kami mohon maaf untuk kunci jawaban soal nasional belum tersedia. Dokumen pelatihan dengan kunci jawaban tersedia dari Naskah KSM di tingkat kabupaten/kota.

Untuk mengunduhnya, silahkan ikuti tautan di bawah ini :
Kutipan Soal:

1. Ayat pada surat Al Baqoroh (2:29) tersebut menjelaskan tentang lapisan permukaan bumi, yaitu .....
(A) Hidrosfer
(B) Atmosfer
(C) Lithosfer
(D) Antrophosfer

2. Kota Solo mengalami pasang surut dalam bidang politik karena terjadi perpindahan kekuasaan antara Pemerintah Kolonial dan Kraton Jawa pada Pemerintah Indonesia. Perubahan ini kemudian mempengaruhi struktur ruang Kota Solo akibat perubahan kekuasaan dan berkembangnya revolusi industri di dunia. Berbagai sarana prasarana kota seperti jaringan listrik, jaringan jalan, alat transportasi dan jaringan air bersih mengubah wajah Kota Solo menjadi lebih modern. Modern dalam artian masyarakat menjadi lebih mudah dalam mengakses maupun memanfaatkan fasilitas kota untuk kepentingan bersama. Lenturnya perubahan struktur Kota Solo pada masa ini sesuai dengan konsep dari Teori Kostof, yaitu ....
(A) Holy City
(B) Pactical City
(C) Cosmic City
(D) Organic City

3. Dari tinjauan secara deskriptif mengenai evolusi kota baru, maka dapat diidentifikasikan bahwa sesuai dengan fungsi dan tujuannya, kota baru sangat bervariasi dari segi lokasi, jenis serta pola fisiknya. Kota baru yang direncanakan dan dikembangkan tersendiri, meski fungsinya berkaitan dengan kota-kota yang telah tumbuh dan berkembang, tetapi kota-kota ini dikembangkan dengan fungsi khusus yang berkaitan dengan potensi tertentu. Kota demikian dapat dibangun sama sekali baru di atas permukiman atau kota kecil yang kemudian dikembangkan, sehingga memiliki kelengkapan sebagai suatu kota.
Kategorisasi kota baru demikian dikatakan sebagai ....
(A) supporting new town
(B) self sufficient new town
(C) dormitory town
(D) satellite town

4. Perhatikan potongan ayat pada surat Fushshilat (41:12) berikut!
Pernyataan yang sesuai dengan ayat tersebut adalah ....
(A) Air senantiasa berputar dalam suatu siklus yang seimbang
(B) Air dari laut-laut yang saling bersebelahan tidak menyatu
(C) Gunung-gunung yang berfungsi mencegah goncangan di permukaan bumi
(D) Setiap lapisan atmosfer mempunyai fungsi tertentu

5. Salah satu unsur cuaca dan iklim serta fungsinya yang dibahas dalam surat Al Hijr (15:22) adalah ....
(A) Suhu udara
(B) Angin
(C) Kelembaban udara
(D) Awan

6. Peternakan sapi mulai berkembang di Arab Saudi. Penggembalaan ternak di Arab Saudi ada di sekitar Gurun Nafd, karena sesuai dengan jenis iklim Koppen..
(A) Bs
(B) Bw
(C) BS
(D) BW

7. Perhatikan pernyataan berikut
(1) Rawan gempa / tegangan,
(2) Jenuh air
(3) Struktur granuler
(4) Dominasi lempung
(5) Kemiringan lereng
(6) Muka air tanah dangkal
(7) Umur lapisan tanah tua
Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya likuifaksi ditunjukan oleh pernyataan
(A) 1, 3, 4 dan 5
(B) 1, 2, 3 dan 7
(C) 1, 2, 3 dan 6
(D) 1, 3, 5,dan 7

8. Dalam Al-Qur’an istilah kerusakan bisa berupa kata fasad, halaka, sa’a, dan dammara. Untuk istilah fasad, jika berbentuk masdar dan berdiri sendiri. Contoh yang relevan dari istilah fasad ialah ...
(A) Banjir diakibatkan curah hujan tinggi
(B) Banjir diakibatkan illegal logging
(C) Banjir diakibatkan akumulasi sampah
(D) Banjir diakibatkan kepadatan pemukiman

9. Masyarakat adat merupakan kontributor terkecil pada perubahan iklim, namun merekalah yang pertama menderita karena dampak-dampaknya. Musim kering yang berkepanjangan, badai dan topan yang lebih menghancurkan, es yang mencair, banjir, peningkatan permukaan air laut, peningkatan penyebaran dan keganasan penyakitpenyakit menular, di antaranya, telah mempengaruhi cara hidup, kesehatan, mata pencaharian, tanah, sumber daya dan wilayah mereka secara mengkhawatirkan.
Langkah-langkah adaptasi yang saat ini dilakukan oleh masyarakat adat yang benar adalah ....
(A) Afrika: beberapa kelompok mengganti spesies hewan dan ikan yang mereka buru.
(B) Asia: melakukan praktik tidak-membajak tanah dalam bercocok tanam, pemulsaan, dan teknik teknik pengelolaan tanah lainnya
(C) Amerika Utara: menanam berbagai jenis varietas tanaman untuk meminimalkan risiko kegagalan panen
(D) Pasifik: perubahan dalam penguasaan laut, kembali ke peran-peran yang lebih tradisional

10. Bentuk pertanian subsisten (peternakan untuk makan) berdasarkan penggembalaan hewan peliharaan, seperti : domba, sapi, kuda , rusa dan unta . Sebagian besar dtemukan di Afrika Utara, Timur Tengah, dan Asia Tengah. Bentuk pertanian yang dimaksud adalah...
(A) Shifting Cultivation
(B) Livestock Ranching
(C) Pastoral Nomadism
(D) Intensive Subsistence

Demikian informasi tentang Kumpulan Latihan Soal KSM Geografi MA Tingkat Nasional tahun 2023. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).