Skip to main content

Soal Latihan KSM IPA MTS Tingkat Provinsi Tahun 2023

Soal Latihan KSM IPA MTS Tingkat Provinsi Tahun 2023
Bimbinganguru.com - Halo sobat guru, melalui postingan ini kami akan membagikan Soal Latihan KSM IPA MTS Tingkat Provinsi Tahun 2023 terbaru lengkap dan gratis.

Lembar soal dapat diunduh dan digunakan sebagai bahan pelatihan untuk mempersiapkan peserta mengikuti ajang kompetisi di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam MTS yang telah diintegrasi materi keislaman madrasah (SKI, Fikih, Al Quran Hadits, Bahasa Arab, dan Akidah Akhlak).

Contoh Soal KSM IPA MTS 2023 tingkat provinsi yang kami bagikan merupakan arsip naskah asli dari pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah beberapa tahun terakhir. Pembimbing dan peserta dapat menganalisanya untuk mencari gambaran dari apa yang dikeluarkan penyusun di KSM Madrasah Tsanawiyah tahun sekarang.

KSM MTS Tingkat Provinsi

Soal Latihan KSM IPA MTS Tingkat Provinsi Tahun 2023

Pada KSM 2023, soal KSM MTS IPA tingkat provinsi menggunakan bahasa Indonesia, Inggris atau Arab dan dipadukan dengan materi keislaman seperti Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Al Quran Hadits, Fikih/Fiqih. Hal ini sebagai persiapan menghadapi kegiatan Kompetisi yang bersifat internasional untuk bersaing dengan beberapa negara sahabat.

Baca Juga :
Rincian integrasi keislaman, yang selanjutnya dapat dipahami peserta lomba adalah sebagai berikut:
a. Soal IPA yang terintegrasi dengan keislaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan disajikan dalam isi yang ada dalam Al Qur'an
b. Soal IPA dengan menggali konsep yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya yang berhubungan dengan sains, dimaksudkan agar peserta tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik
c. Soal keilmuan IPA murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa madrasah dengan siswa olimpiade sains jenjang SMA.
d. Menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab.

Selanjuntya, Seleksi KSM IPA MTS tingkat Provinsi dilakukan secara serentak secara nasional dengan menggunakan Computer-Based Test (CBT) dan diawasi oleh Panitia KSM Nasional, serta penilaian dilakukan oleh dewan juri yang ditunjuk oleh Komisi KSM Nasional, dan hasil tes Ambil dan penilaian integritas peserta diperhitungkan selama tes berlangsung

Soal Latihan KSM IPA MTS Tingkat Provinsi Tahun 2023

Contoh Soal KSM IPA MTS Provinsi Terintegrasi 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen berjumlah total 2 berkas, dan mohon maaf kunci jawaban di tingkat provinsi masih belum tersedia. Pengunjung bisa mengecek artikel untuk tingkat kabupaten/kota, untuk mendapatkan referensi yang sudah tersedia kunci jawaban atau pun pembahasan.

Selanjutnya, untuk mengunduh Soal Latihan KSM IPA MTS Tingkat Provinsi Tahun 2023. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
KSM 2019 KSM 2021

Bagi yang membutuhkan soal KSM MTS tingkat Provinsi untuk bidang lainnya. Silahkan mengunjungi masing-masing tautan berikut ini untuk mengunduhnya.
Kutipan Soal:

1. Sebuah mobil mula-mula diam. Kemudian, mobil tersebut dihidupkan dan mobil bergerak dengan percepatan tetap 2 m/s . Setelah mobil bergerak selama 10 sekon mesinnya dimatikan sehingga mobil mengalami perlambatan tetap dan mobil berhenti 10 sekon kemudian. Jarak yang ditempuh mobil mulai dari saat mesin dimatikan sampai berhenti adalah ….
(A) 250 m
(B) 200 m
(C) 150 m
(D) 100 m

2. Sebuah granat yang diam tiba-tiba meledak dan pecah menjadi 2 bagian yang bergerak dalam arah berlawanan. Perbandingan massa kedua bagian itu adalah m. Energi yang dibebaskan adalah 3 × 10 J. Perbandingan energi kinetik pecahan granat pertama dan kedua adalah ….
(A) 1 : 1
(B) 2 : 1
(C) 1 : 3
(D) 5 : 1

3. Sebuah balok bermassa 2 kg berada dalam keadaan diam pada sebuah bidang datar yang licin. Kemudian, pada balok tersebut bekerja sebuah gaya F = 20 N sehingga kecepatannya menjadi 10 m/s. Usaha yang dilakukan oleh gaya F dan jarak yang telah ditempuh balok adalah ….
(A) 100 J dan 2 m
(B) 200 J dan 2 m
(C) 100 J dan 5 m
(D) 200 J dan 5 m

4. Surah An-Nahl 66 menyebutkan “Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (yang berupa) susu murni di antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya”.
Hikmah ilmiah surat ini sesuai dengan pernyataan berikut ini, kecuali ....
(A) Darah adalah aliran darah yang mengalir deras melewati ambing susu, yang menyaring dan menghasilkan air susu murni, yang tidak bercampur dengan kotoran yang berasal dari rumen dan darah.
(B) Ungkapan “di antara” dalam Surah An-Nahl 66 merujuk pada tempat terjadinya aktivitas penyaringan dan pemurnian untuk memproduksi susu.
(C) Filtrasi darah akan menghasilkan air susu murni, tidak bercampur dengan kotoran karena tidak terdapat hubungan diantara keduanya.
(D) Darah terdapat dalam semua organ tubuh hewan sementara kotoran hewan terletak dalam usus, sehingga air susu berada di antara kotoran dan darah, namun kotoran tidak bercampur dengan air susu, sedangkan darah tidak melampaui pembuluh darah sehingga tidak bercampur dengan susu.

5. Sepertiga malam terakhir adalah saat yang paling pas untuk dilaksanakannya shalat tahajud. Berdasarkan Hadits Riwayat Turmudzi: "Shalat tahajjud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindari penyakit." Ilmu pengetahun biologi menunjukkan bahwa ketenangan diri berkaitan dengan keberadaan hormon-hormon tertentu, yaitu ....
(A) Serotonin, Melatonin, Dopamin
(B) Epinephrin, Endorphin, Acetylcholine, Vasoprasin
(C) Kelenjar Pineal, Melatonin, Epinephrin, Acetylcholine
(D) Serotonin, Dopamin, Endorphin, Vasoprasin

Demikian informasi tentang Soal Latihan KSM IPA MTS Tingkat Provinsi Tahun 2023. Terima kasih atas kunjungannya.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).