Skip to main content

KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI & Bahasa Arab Pada Madrasah

KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI & Bahasa Arab Pada Madrasah
Kementerian Agama telah menetapkan regulasi KMA Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab Pada Madrasah. Regulasi tersebut mulai dijalankan sejak tahun pelajaran 2020/2021 sampai dengan sekarang. 

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah secara bertahap diarahkan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi memahami prinsip-prinsip agama Islam, baik terkait dengan akidah akhlak, syariah dan perkembangan budaya Islam, sehingga memungkinkan peserta didik menjalankan kewajiban beragama dengan baik terkait hubungan dengan Allah SWT maupun sesama manusia dan alam semesta.

KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI & Bahasa Arab Pada Madrasah

KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI & Bahasa Arab Pada Madrasah

Perubahan yang sangat cepat dalam kehidupan dan tuntutan dunia global harus diantisipasi dan direspon oleh dunia. pendidikan. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi membawa perubahan yang besar dalam pola dan gaga hidup umat manusia. Diperkirakan perubahan itu akan terus berjalan maju dan menuntut perubahan dalam cara pandang, cara bersikap dan bertindak masyarakat termasuk generasi penerus bangsa ini. 

Kurikulum madrasah harus bisa mengantisipasi perubahan itu dan merespon tuntutan zaman yang selalu berubah. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab diarahkan untuk menyiapkan peserta didik madrasah mampu beradaptasi dengan perubahan sehingga lulusannya kompatibel dengan tuntutan zamannya dalam membangun peradaban bangsa.

Download KMA Nomor 183 Tahun 2019 


KMA Nomor 183 Tahun 2019 memiliki ruang lingkup yang terdiri atas: Kerangka Dasar Kurikulum PAI dan Bahasa Arab, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi PAI dan Bahasa Arab, Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab, Penilaian PAI dan Bahasa Arab, Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan bahasa Arab pada semua tingkatan Madrasah yaitu MI, MTs, dan MA. 

Karena memuat berbagai hal di atas, regulasi terkait kurikulum PAI dan Bahasa Arab ini memiliki lampiran yang cukup tebal. Terhitung lampiran keputusan menteri ini mencapai 466 halaman.

Untuk membaca, dan menelaah regulasi ini secara seksama, silakan mengunduhnya melalui tautan dibawah ini.  

Download Regulasi
Judul : KMA 183 Tahun 2019
Satuan Madrasah : MI, MTs, dan MA
Filetype : pdf
Download 

Semoga diterbitkannya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah ini dapat memberikan pedoman yang lebih baik bagi penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di madrasah guna mencapai tujuan pendidikan.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).