Skip to main content

Contoh Soal KSM Matematika MI 2023 Tingkat Kabupaten/Kota

Contoh Soal KSM Matematika MI 2023 Tingkat Kabupaten/Kota

Bimbinganguru.com - Contoh Soal KSM Matematika MI Tahun 2023 Tingkat Kabupaten/Kota dan Kunci Jawaban. Dibagikan secara gratis kepada pembimbing dan peserta agar dipergunakan sebagaimana mestinya sebagai media latihan dalam keikutsertaannya dalam pelaksanaan KSM di mata pelajaran Matematika MI Terintegrasi.

Bila tahun lalu, KSM Matematika MI tingkat Kabupaten/Kota diselenggarakan secara daring penuh. Pada tahun 2023, KSM akan diselenggarakan dengan skema yang berbeda. Pelaksanaan ujian pada tingkat Kabupaten/Kota di Satuan Pendidikan masing-masing atau tempat yang ditentukan oleh komite kabupaten/kota.

KSM MI Tingkat Kabupaten/Kota

Contoh Soal KSM Matematika MI 2023 Tingkat Kabupaten/Kota

KSM Matematika MI Kabupaten/Kota merupakan tahapan seleksi KSM di tingkat Kabupaten/Kota. Tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik tiap bidang studi yang mewakili Madrasah Ibtidaiyah (MI) setiap Kabupaten/Kota untuk mengikuti tahapan KSM Provinsi. 

Adapun ketentuan dalam tahapan kegiatan ini adalah sebagai berikut:
a. Peserta KSM Kabupaten/Kota diikuti oleh siswa terbaik tiap bidang studi yang dilombakan yang merupakan hasil tahapan seleksi KSM Satuan Pendidikan di wilayah kabupaten/kota setempat,
b. Setiap Madrasah/Sekolah dapat mengirimkan maksimal 2 siswa terbaiknya tiap bidang studi yang dilombakan.
c. Pendaftaran peserta KSM Kabupaten/Kota menggunakan aplikasi pendaftaran yang disiapkan oleh Komite KSM Nasional,
d. Pelaksanaan KSM Kabupaten/Kota dilakukan secara serentak berbasis komputer,
e. Penilaian soal KSM dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes,
f. Hasil KSM Kabupaten/Kota dipublikasikan di portal resmi KSM,
g. Pembiayaan KSM Kabupaten/Kota dapat bersumber dari DIPA Kankemenag Kabupaten/Kota, anggaran BOS dari masing-masing satuan pendidikan yang mengirimkan siswanya, atau sumber lain yang sah.

Dalam penyelenggaraannya, Tes KSM Matematika MI dilaksanakan Berbasis Komputer menggunakan pemformatan soal berupa pilihan ganda dan/esai singkat yang telah disusun oleh Komite Ahli KSM Nasional, Sarana KSM disiapkan oleh Komite Satuan Pendidikan, atau komite kabupaten/kota, dan Penilaian terpusat dilakukan oleh Komite KSM Nasional.

Contoh Soal KSM Matematika MI 2023 Tingkat Kabupaten/Kota


Contoh Soal KSM Matematika MI Kabupaten/Kota Terintegrasi 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen berjumlah total 5 berkas, yang salah satunya sudah tersedia kunci jawaban. Keseluruhannya merupakan naskah asli KSM Matematika Tingkat MI di tahun - tahun sebelumnya. Yang mana dapat digunakan untuk tujuan pengembangan referensi terhadap kesiapan peserta dalam menghadapi tahapan seleksi KSM di Tingkat Kabupaten tersebut.


Selanjutnya, untuk mengunduh Contoh Soal KSM Matematika MI 2023 Tingkat Kabupaten/Kota. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
Download

Diharapkan Latihan Soal KSM Matematika MI dan Kunci Jawaban Tingkat Kabupaten/Kota ini dapat dipergunakan sebaik - baiknya sebagaimana yang tertuang dalam latar belakang dan tujuan penyelenggaraan KSM yaitu sebagai berikut :

  • Menyediakan wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, 
  • Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama, 
  • Menumbuh kembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah, 
  • Memberikan kesempatan menjadi duta Indonesia yang dapat membanggakan serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.
Demikian informasi tentang Contoh Soal KSM Matematika MI 2023 Tingkat Kabupaten/Kota. Semoga bermanfaat

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).