Skip to main content

Soal Latihan KSM Matematika MI 2023 Tingkat Provinsi

Soal Latihan KSM Matematika MI 2023 Tingkat Provinsi

Bimbinganguru.com - Berikut ini adalah Soal Latihan KSM Matematika MI 2023 Tingkat Provinsi.

Contoh Soal KSM Matematika MI Terintegrasi Tahun 2023 Tingkat Provinsi yang kami bagikan ini adalah arsip dari naskah asli dari pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah di tahun-tahun sebelumnya. 

Data tersebut dapat didownload dan digunakan sebagai bahan latihan untuk mempersiapkan peserta dalam ajang kompetensi di mata pelajaran pelajaran Matematika MI Terintegrasi Keislaman yang dinaungi oleh Kementerian Agama (Kemenag) tersebut.

KSM MI Tingkat Provinsi

Soal Latihan KSM Matematika MI 2023 Tingkat Provinsi

KSM tahun 2023, soal KSM Matematika MI Tingkat Provinsi akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab dan telah diintegrasi dengan materi Keislaman seperti Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan islam (SKI), Al Quran Hadits, Fikih / Fiqih. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat. 

Baca Juga :
Rincian integrasi keislaman, yang selanjutnya dapat dipahami peserta lomba adalah sebagai beriku:
a. Soal Matematika yang terintegrasi dengan keislaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan disajikan dalam isi yang ada dalam Al Qur'an
b. Soal Matematika dengan menggali konsep yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya yang berhubungan dengan sains, dimaksudkan agar peserta tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik
c. Soal keilmuan Matematika murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa madrasah dengan siswa olimpiade sains jenjang SMA.
d. Menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab.

Selanjuntya, Seleksi KSM Matematika MI tingkat Provinsi dilakukan secara serentak secara nasional dengan menggunakan Computer-Based Test (CBT) dan dipantuan oleh Komite KSM Nasional dan Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang ditunjuk oleh Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan hasil tes dan skor integritas peserta selama tes berlangsung.

Soal Latihan KSM Matematika MI 2023 Tingkat Provinsi


Contoh Soal KSM Matematika MI Provinsi Terintegrasi 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen berjumlah total 2 berkas, dan mohon maaf untuk kunci jawaban di tingkat provinsi masih belum tersedia.


Selanjutnya, untuk mengunduh Soal Latihan KSM Matematika MI 2023 Tingkat Provinsi. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
KSM 2019 KSM 2021

Kutipan Soal:

1. Banyak semua kemungkinan bilangan 2019a954b habis dibagi 12 sama dengan setengah dari banyak ayat dalam surah ….
(A) Al-Bayyinah
(B) Al-Balad
(C) Al-Buruj
(D) Al-Mutaffifin

2. Titik D dan E terletak dalam segitiga samasisi ABC sedemikian hingga titik D jaraknya lebih dekat ke ruas garis AB daripada ruas garis AC. Misalkan AD = DB = AE = EC = a cm dan DE = b cm, di mana a adalah urutan malaikat Raqib dalam 10 malaikat Allah SWT dan b adalah banyak huruf idgham bilaghunnah. Panjang ruas garis BC adalah …. cm
(A) 10
(B) 11
(C) 12
(D) 13

3. Ihsan mengikuti ujian susulan Matematika. Ihsan harus mengerjakan 5 soal dari 8 soal pilihan ganda. Jika soal Nomor 6 wajib dikerjakan, maka banyak semua cara memilih 5 soal tersebut sama dengan 5 kali urutan nabi .… dalam 25 nabi/rasul.
(A) Ibrahim
(B) Luth
(C) Ismail
(D) Ishaq

4. Dalam Ta’mir Masjid Darussalam akan dipilih struktur pengurus inti sebagai ketua, sekretaris, dan bendahara dari 6 orang yang bersedia. Banyak susunan pengurus dari 6 orang tersebut adalah…
(A) 20
(B) 60
(C) 90
(D) 120

5. Pak Ilman ternak sapi dan merpati. Anwar menghitung total kepala hewan tersebut sebanyak 180 dan total kaki sebanyak 444 kaki. Banyak sapi yang dimiliki pak Ilman sama dengan 2 kali banyak ayat dalam surah ….
(A) Al-Lail
(B) Al-A'la
(C) Al-Buruj
(D) At-Takwir

6. Usman membaca ayat suci Al-Qur’an mulai surah At-Tariq sampai An-Nas. Banyak faktor positif dari jumlah ayat yang dibaca Usman adalah ….
(A) 3
(B) 4
(C) 5
(D) 6

7. Sebuah masjid berbentuk persegi panjang memiliki luas lahan 1 ha, dimana luas bangunannya sebesar ¼ nya. Panjang bangunan masjid lebih panjang 2,5 kali lebarnya. Rencananya lantai keramik tersebut akan direnovasi dengan keramik granite ukuran 60 x 60. Jika 1 dus keramik berisi 6 keramik granite, maka banyak dus keramik yang dibutuhkan untuk keseluruhan lantai bangunan masjid tersebut adalah ….
(A) 109 dus
(B) 115 dus
(C) 116 dus
(D) 119 dus

8. Dalam Q.S. An-Nisa ayat 11: “Allah mensyariatkan (mewajibkan) kepadamu tentang (pembagian warisan untuk) anak-anakmu, (yaitu) bagian untuk anak laki-laki sama dengan bagian dua anak perempuan. Dan jika anak itu semuanya perempuan yang jumlahnya lebih dari dua, maka bagian mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Jika dia (anak perempuan) itu seorang saja, maka dia memperoleh setengah (harta yang ditinggalkan). Dan untuk kedua ibu-bapak, bagian masing-masing seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika dia (yang meninggal mempunyai anak). Jika dia (yang meninggal) tidak mempunyai anak dan dia diwarisi oleh ibu-bapaknya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga. Jika dia (yang meninggal) mempunyai beberapa saudara, makanya ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut diatas) setelah (dipenuhi) wasiat yang dibuatnya atau (dan setelah dibayar) hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa diantara mereka yang lebih banyak manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana.” Jika Ahmad mewariskan Rp. 2 Milyar untuk dibagikan kepada seorang istri, satu anak laki-laki dan dua orang anak perempuan, dua saudara kandung dan satu ibu. Harta yang didapatkan saudara kandungnya adalah ….
(A) Tidak mendapatkan harta warisan
(B) Rp. 166.666.666,666
(C) Rp. 333.333.333,333
(D) Rp. 666.666.666,666

9. Delapan tahun yang lalu, jumlah usia Ayah dan sepasang anak kembarnya 42 tahun 8 bulan. Jika saat itu usia ayah 34 tahun dan ayah lahir pada bulan Jumadil Awal Tahun 1397 H. Bulan dan tahun anak kembarnya lahir adalah .…
(A) Ramadhan 1427 H
(B) Muharram 1427 H
(C) Ramadhan 1431 H
(D) Muharram 1431 H

10. Farah dan Nisa’ masing-masing sedang menghafalkan satu surah pada juz 30. Jika jumlah hafalan ayat-ayat mereka sama dengan jumlah ayat pada surah Al-Waaqi’ah, maka surah yang dihafalkan mereka adalah ....
(A) An-Nabaa' dan 'Abasa
(B) An-Nabaa' dan Al-Muthaffifiin
(C) An-Naazi’aat dan 'Abasa
(D) An-Naazi’aat dan An-Nabaa'

Demikian informasi tentang Soal KSM Matematika MI Tingkat Provinsi. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).