Skip to main content

Soal Online KSM Matematika MTS Tingkat Nasional Tahun 2023

Soal Online KSM Matematika MTS Tingkat Nasional Tahun 2023

Bimbinganguru.com - Halo sobat, Di kesempatan ini kami akan membagikan Contoh Latihan Soal Kompetisi Sains Madrasah mapel Matematika jenjang Madrasah Tsanawiyah Tingkat Nasional tahun 2023. 

Informasi ini dapat diunduh dan digunakan sebagai bahan pelatihan untuk mempersiapkan peserta kegiatan KSM bidang Matematika Terintegrasi Keislaman. Dalam pelaksanaannya, seleksi dilakukan secara nasional serentak dengan media komputer atau lebih dikenal dengan CBT - Computer Based Test sebagai alat kerjanya. 

Dinilai oleh juri yang diawasi oleh Komite KSM Nasional dan ditunjuk oleh Komite CSR Nasional, dengan mempertimbangkan hasil tes dan peringkat integritas peserta.

Soal Online KSM Matematika MTS Tingkat Nasional Tahun 2023

Soal Online KSM Matematika MTS Tingkat Nasional Tahun 2023

Lembar soal KSM tahun 2023 di Bidang Matematika MTS Tingkat Nasional yang kami bagikan merupakan arsip naskah asli pelaksanaan ajang kompetisi dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga :
Selanjutnya, Latihan Soal KSM Matematika MTS Nasional 2023 dibagikan dalam bentuk online disertai data berupa dokumen sebanyak 3 buah, dan mohon maaf untuk kunci jawaban di tingkat Nasional masih belum tersedia.

Untuk mengunduhnya, silahkan ikuti tautan di bawah ini :
KSM 2018 KSM 2019 KSM 2021

Selain contoh soal Kompetisi Sains Madrasah di bidang Matematika di atas, Bimbinganguru.com menyediakan contoh berbagai referensi untuk mata pelajaran lainnya. Untuk kumpulan soal KSM tingkat nasional mata pelajaran lainnya, silahkan ikuti tautan berikut:
Kutipan Soal:

1. Berat perhiasan emas milik bu Wakhidah, bu Isnani dan bu Tsalasa berturut-turut membentuk barisan aritmetika yang berjumlah 330 gr. Jika perhiasan milik bu Wakhidah beratnya tetap, sedangkan milik bu Isnani ditambah 10 gr dan milik bu Tsalasa ditambah 80 gr maka berat ketiganya akan membentuk barisan geometri. Tentukan siapa sajakah yang sudah wajib menzakati perhiasannya?
(A) Semuanya sudah wajib membayar zakat
(B) Tidak ada yang wajib membayar zakat
(C) Bu Isnani dan bu Tsalasa
(D) Bu Tsalasa

2. Pada awal berdirinya Pesantren Al Husna, zakat fitrah yang terkumpul dari para santri sebesar 1 kuintal. Setiap tahunnya zakat fitrah yang terkumpul bertambah sesuai aturan xn = xn-1 + 4(n+1), n adalah tahun. Hal ini tentunya sejalan dengan pertambahan santri. Berapakah penambahan jumlah santri setelah pesantren berdiri selama 45 tahun?
(A) 1246 santri
(B) 1656 santri
(C) 1696 santri
(D) 1760 santri

3. Empat orang petani sedang menghitung zakat hasil panen yang harus mereka keluarkan. Lahan pertanian mereka menggunakan sistem irigasi. Besar pendapatan dari hasil panen yang mereka peroleh, masing-masing dimisalkan x, y, z dan w, memenuhi sistem persamaan berikut (dalam puluhan juta):
x.y + z.w = 23
x.z + y.w = 43
x.w + y.z = 29
Berapa rata-rata besar zakat hasil panen yang harus mereka keluarkan?
(A) Rp 8.500.000
(B) Rp 4.250.000
(C) Rp 2.125.000
(D) Rp. 1.062.500

4. Thohir memiliki sejumlah bola berwarna merah dan putih. Dia menuliskan rukun haji pada masing-masing bola berwarna merah dan golongan penerima zakat pada bola berwarna putih. Kemudian dia memasukkan 3 bola merah dan 5 bola putih dalam kantong A dan sisa bolanya dimasukkan ke kantong B. Sebuah bola dipindahkan dari kantong A ke B. Jika sebuah bola diambil dari kantong B, berapa peluang yang terambil adalah bola merah?
(A) 27/72
(B) 27/56
(C) 19/64
(D) 19/56

5. Para Ulama sepakat bahwa nabi memiliki 4 orang putri yang lahir dari rahim Siti Khadijah. Nama putri nabi berikut yang urutan lahirnya sama dengan jumlah bilangan real yang memenuhi persamaan x2 = 2x adalah ...
(A) Zainab
(B) Ruqayyah
(C) Ummu Kultsum
(D) Fatimah

Demikian informasi tentang Soal Online KSM Matematika MTS Tingkat Nasional Tahun 2023. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).