Skip to main content

Soal Online KSM IPA MI 2023 Tingkat Nasional

Soal Online KSM IPA MI 2023 Tingkat Nasional

Bimbinganguru.com - Berikut ini adalah Soal Kompetisi Sains Madrasah di bidang Ilmu Pengetahuan Alam Madrasah Ibtidaiyah Tingkat Nasional 2023 Online. Soal KSM IPA MI Tingkat Nasional yang kami bagikan merupakan arsip naskah asli pelaksanaan ajang kompetisi dalam beberapa tahun terakhir. 

Informasi tersebut dapat diunduh dan digunakan sebagai bahan pelatihan untuk mempersiapkan peserta dalam ajang KSM mata pelajaran MI IPA Terintegrasi Keislaman yang dianungi Kementerian Agama (Kemenag)  . 


Dalam pelaksanaannya, seleksi nasional KSM mapel IPA jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dilaksanakan serentak secara nasional dengan menggunakan komputer atau yang lebih dikenal dengan CBT sebagai media pengerjaan. Dikontrol oleh Komite KSM Nasional dan dinilai oleh juri yang ditunjuk oleh Komite KSM Nasional, dengan mempertimbangkan hasil tes dan peringkat integritas peserta.

Soal Online KSM IPA MI 2023 Tingkat Nasional

Soal Online KSM IPA MI 2023 Tingkat Nasional

Lembar soal KSM tahun di Bidang IPA MI Tingkat Nasional nantinya tidak hanya menggunakan Bahasa Indonesia tetapi juga penerapan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. dan untuk materi / kisi - kisi diintegrasi dengan materi Keislaman seperti Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan islam (SKI), Al Quran Hadits, Fikih / Fiqih.

Baca Juga :
Selanjutnya, Latihan Soal KSM IPA MI tingkat Nasional tahun 2023 dibagikan dalam bentuk online disertai data berupa dokumen sebanyak 3 buah, dan mohon maaf untuk kunci jawaban di tingkat Nasional masih belum tersedia.
KSM 2018 KSM 2019 KSM 2021

Kutipan Soal:

1. Perhatikanlah QS Al Baqarah ayat 43 berikut.
Ayat di atas memerintahkan ummat Islam untuk menunaikan ibadah shalat. Secara fisika posisi tubuh yang paling tidak seimbang saat melaksanakan ibadah tersebut adalah pada saat… (anggap pusat massa tubuh saat berdiri ada di pusatnya)
(A) I’tidal, karena torsinya sama dengan 0
(B) Ruku’, karena karena torsinya tidak sama dengan 0
(C) Sujud, karena momen gaya > 0
(D) Tasyahud, karena momen gaya tidak ada

2. Perhatikan QS surat Al Mukminun ayat 18 berikut.
Allah SWT menenetapkan karakteristik air sebagai kodratnya. Salah satu karakteristik air adalah jika dipanaskan dari suhu nol derajat sampai 4 derajat akan menyusut bukan nya memuai. Bagian arti ayat di atas dan fenomena yang benar tentang air di daerah kutub yaitu….
(A) Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu ukuran dan adanya bagian daerah air di bawah
lapisan es karena massa jenis air lebih besar dibanding massa jenis es di atasnya
(B) Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu aturan dan adanya bagian daerah air di bawah
lapisan es karena massa jenis air lebih besar dibanding massa jenis es di atasnya
(C) Dan Kami turunkan air dari angit menurut suatu ukuran dan adanya bagian daerah air di bawah lapisan es karena massa jenis air lebih kecil dibanding massa jenis es di atasnya
(D) Dan Kami turunkan air dari langit menurut suatu aturan dan adanya bagian daerah air di bawah lapisan es karena massa jenis air sama besar dengan massa jenis es di atasnya

3. Perhatikan Qur’an Surat Al-Ankabut ayat 37 berikut ini.
Berdasarkan ayat tersebut, fenomena fisis yang sesuai adalah…
(A) Gempa bumi karena gaya dan momentum mengecil dapat membelah tanah, terjadi pergeseran lempeng, maka akan muncul tsunami
(B) Gempa bumi karena energi dan momentum sangat besar dapat membelah tanah, terjadi pergeseran lempeng, maka akan muncul tsunami
(C) Gempa bumi karena energi dan momentum mengecil dapat membelah tanah, terjadi pergeseran lempeng, maka akan muncul tsunami
(D) Gempa bumi karena gaya dan momentum sangat besar dapat membelah tanah, terjadi pergeseran lempeng, maka dapat muncul tsunami

4. Berdasarkan keyakinan terhadap ayat Al Quran dan skema proses efek rumah kaca, maka pernyataan yang paling tepat berikut ini adalah...
(A) Surat Ar Rum 41, karena berbagai macam perbuatan tangan manusia yang salah, maka suhu rata-rata bumi menjadi meningkat.
(B) Surat Ar Rad 41, karena berbagai macam pertentangan perbuatan manusia yang salah, maka kelembaban udara meningkat.
(C) Surat Ar Rahman 41, karena berbagai aktivitas perbuatan manusia yang salah, maka terjadi penurunan suhu rata-rata bumi.
(D) Surat At Tin 41, karena berbagai macam perbuatan tangan manusia yang salah, maka kelembaban udara menurun

5. Perhatikan firman Allah: “Dan Allah, Dialah Yang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awan itu kesuatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya dengan hujan itu. Demikianlah kebangkitan itu”
Ilustrasi di bawah menunjukkan adanya awan yang senantiasa bergerak.
Meyakini akan isi firman Allah Swt dan gambaran awan yang bergerak di atas, maka pernyataan yang tepat adalah…....
(A) Merupakan arti surat Faathir ayat 11 dan perbedaan ukuran awan pada kedua tempat, sehingga angin menggerakkan awan.
(B) Merupakan arti surat Faathir ayat 10 dan perbedaan kelembaban pada kedua tempat, sehingga angin menggerakkan awan.
(C) Merupakan arti surat Faathir ayat 9 dan perbedaan tekanan pada kedua tempat, sehingga angin menggerakan awan.
(D) Merupakan arti surat Faathir ayat 8 dan perbedaaan kerapatan udara pada kedua tempat, sehingga angin menggerakkan awan.

6. Wudhu adalah salah satu syarat sah Sholat seperti dalam Al-Qur’an surat Al-maidah ayat 6 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian ingin melaksanakan shalat, basuhlah wajah dan tangan kalian sampai ke siku, dan usaplah kepala kalian dan (basuhlah) kaki kalian sampai kedua mata kaki.”

Berdasarkan syarat sahnya shalat, maka doa awal wudhu dan fenomena fisika jatuhnya air sisa wudhu selalu ke bawah serta adanya sebagian air yang menempel pada kulit adalah …
(A) Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii akhbari fardhon lillaahi ta’aalaa”.gaya gravitasi bumi; serta gaya kohesi antara kulit dan air
(B) Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii akbari fardhon lillaahi ta’aalaa”.gaya gravitasi bumi dan gaya adhesi antara kulit dan air.
(C) Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”.gaya gravitasi bumi dan gaya kohesi antara kulit dan air.
(D) Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa”.gaya gravitasi bumi dan gaya adhesi antara kulit dan air.

7. Badrun melakukan percobaan dengan serangkaian metode ilmiah untuk meneliti pengaruh pupuk organik terhadap lebar daun. Salah satu langkah metode ilmiah yang dilakukannya berdasarkan ayat berikut:
“Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi rapinya.” (QS. Al-Furqan: 2)
Berdasarkan ayat tersebut, langkah metode ilmiah yang tepat menggambarkan kegiatan Badrun adalah...
(A) Membuat hipotesis
(B) Melakukan percobaan
(C) Observasi Kuantitatif
(D) Rumusan Masalah

8. Al-Ankabut merupakan nama hewan yang ada dalam nama surat di Al-Qur’an. Ciri-ciri yang tidak menunjukkan hewan tersebut adalah...
(A) tubuh beruas-ruas; memiliki sayap
(B) tubuh beruas-ruas; berkaki delapan
(C) kaki beruas-ruas; tidak memiliki ekor
(D) kaki beruas-ruas; tubuh terdiri dari dua bagian

9. Di dalam Al Quran terdapat banyak ayat terkait ilmu pengetahuan, termasuk biologi. Salah satu ayat yang diyakini terkait dengan biologi adalah Al- Anbiya ayat 8: “Dan tidaklah kami jadikan mereka tubuh-tubuh yang tiada memakan makanan, dan tidak (pula) mereka itu orang-orang yang kekal”.
Berdasarkan konsep-konsep pada biologi, surat ini menerangkan konsep
(A) Penciptaan makhluk hidup
(B) Rantai makanan
(C) Seleksi alam
(D) Klasifikasi makhluk hidup

10. Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur.” (QS. Al-A’raf:58)
Berdasarkan keterangan ayat tersebut, siklus biogeokimia yang tidak mempengaruhi peristiwa tersebut adalah...
(A) Siklus Nitrogen
(B) Siklus Sulfur
(C) Silklus Fosfor
(D) Siklus Karbon

Demikian informasi tentang Soal Online KSM IPA MI 2023 Tingkat Nasional. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).