Skip to main content

Kumpulan Soal Latihan KSM Biologi MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Biologi MA Tingkat Nasional 2023

Bimbinganguru.com - Hallo sobat Madrasah, pada kesempatan kali ini kami membagikan Kumpulan Contoh soal KSM Biologi MA 2023 tingkat nasional dalam format pdf dan pengerjaan online.

Informasi ini dapat diunduh dan digunakan sebagai bahan pelatihan untuk mempersiapkan peserta dalam kegiatan KSM mata pelajaran Biologi jenjang Madrasah Aliyah (MA). Dalam pelaksanaannya, seleksi Lomba Biologi Madrasah Sains dilaksanakan secara nasional bersamaan dengan media komputer dan yang lebih dikenal dengan CBT - Computer Based Test.

Dewan juri diawasi dan ditunjuk oleh Panitia Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional dengan mempertimbangkan hasil tes dan penilaian integritas peserta.

Kumpulan Soal Latihan KSM Biologi MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Biologi MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Biologi MA Tingkat Nasional yang kami bagikan merupakan arsip naskah asli pelaksanaan ajang kompetisi dalam beberapa tahun terakhir. Pembimbing dan peserta dapat menggunakannya kembali untuk menganalisa bentuk materi, tata bahasa, dan sistem pengerjaan sebagai referensi di Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023 mendatang.

Baca Juga :
Selain itu, soal latihan KSM Biologi MA Nasional 2023 dengan informasi berupa 3 dokumen sudah dibagikan secara online dan kami mohon maaf untuk kunci jawaban soal nasional belum tersedia. Dokumen pelatihan dengan kunci jawaban tersedia dari Naskah KSM di tingkat kabupaten/kota.

Untuk mengunduh Soal KSM Biologi MA 2023 Tingkat Nasional. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
  • Soal KSM Biologi MA 2023 Tingkat Nasional (KSM 2018), Download
  • Soal KSM Biologi MA 2023 Tingkat Nasional (KSM 2019), Download
  • Soal KSM Biologi MA 2023 Tingkat Nasional (KSM 2021), Download
Kutipan Soal:

1. Dalam surat al-Quran surat an-Nahl ayat 78 disebutkan bahwa Allah SWT – lah yang mengeluarkan manusia dari perut ibu mereka, setelah masa kehamilan. Dunia sains menemukan bahwa pada minggu terakhir kehamilan, dalam darah ibu kadar estrogen mencapai kadar tertinggi dan memicu reseptor oksitosin pada uterus. Osksitosin merangsang plasenta untuk mengeluarkan prostaglandin. Di antara penyataan di bawah ini, yang paling tepat dalam menggambarkan proses yang terjadi selanjutnya adalah ...
(A) Prostaglandin meningkatkan kontraksi uterus dan melunakkan serviks untuk membuka sehingga bayi dapat dikeluarkan
(B) Kehadiran Oksitosin akan merangsang prostaglanding untuk mendorong bayi agar kelahiran dapat terjadi
(C) Oksitosin akan mempengaruhi janin untuk bergerak dari uterus dan ke luar melalui vagina
(D) Prostaglandin merangsang proses penarikan plasenta sehingga sehingga terlepas dari endometrium

2. Ayat surat Al-Mu’minun ayat 21 menerangkan mengenai salah satu produk dari hewan yang dikonsumsi dan dimanfaatkan oleh manusia dari hewan yang dijinakkan untuk menjadi ternak. Produk tersebut dihasilkan oleh hewan dari kelompok ...
(A) Serangga
(B) Mamalia
(C) Ikan
(D) Burung

3. Suatu sel abnormal memiliki pasangan kromosom yang dinyatakan dengan A /A B /B C /C D, dimana kromosom D tidak memiliki pasangan homolognya. Berdasarkan tipe sel kromosom penyusunnya dapat diduga jumlah maksimal dari jenis sel gamet yang dapat dihasilkan, yaitu sama dengan jumlah ayat dari surat....
(A) Al-Ikhlas
(B) An-Naas
(C) At-Takaatsur
(D) Al-Humazah

4. Dalam surat al infithar ayat 7 disebutkan bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia lalu menyempurnakan kejadiannya dan menjadikan (susunan tubuh)nya seimbang. Keseimbangan dalam tubuh terlihat dari pembentukan sel darah merah. Sel darah merah membawa oksigen ke jaringan tubuh, hidup hanya sekitar 120 hari. Sel pengganti diproduksi di sumsum tulang. Kecepatan pembentukan sel darah merah yang baru seimbang dengan sel darah yang musnah menuju haemostasis. Ada sekitar 5 juta sel darah merah per milimeter kubik (mm ) darah. Rata rata orang dewasa memiliki sekitar 5L (5.000 cm ) darah. Berdasarkan informasi tersebut, pembelahan sel yang harus terjadi setiap detik di sumsum tulang untuk menggantikan sel darah merah yang musnah adalah sebanyak ...
(A) 200.000
(B) 2.000.000
(C) 210.000.000.000
(D) 21.000.000

5. Di alam terdapat keteraturan yang tinggi pada pergantian siang dan malam yang dijelaskan pada Al Quran pada surat Az Zumar ayat 5:
Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar. Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukan matahari dan bulan. Masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingat dialah yang maha perkasa lagi maha pengampun. Terdapat perbedaan dari kedua waktu tersebut dimana suhu udara di malam hari jauh lebih dingin dibandingkan pada siang hari. Kondisi ini mempengaruhi makhluk hidup yang dapat ditunjukkan dengan perbedaan pada metabolisme mereka sebagaimana ditunjukkan oleh tabel di atas. Bila kesetimbangan dari waktu siang dirubah oleh Allah dimana waktu siang dirubah menjadi malam dan malam dirubah menjadi siang (bila matahari terbit dari arah barat), maka hal-hal ini kemungkinan terjadi, kecuali ...
(A) Pola tidur akan berubah
(B) Sebagian besar serangga akan punah
(C) Perubahan pada pola makan
(D) Laju respirasi akan berubah

6. Allah memerintahkan kita dalam al Qur’an Surat Albaqarah: 168 untuk mengkonsumsi makanan yang halal, menyehatkan, dan aman. Beberapa orang seringkali mendapatkan ujian sakit yang menyebabkan mereka tidak aman untuk mengkonsumsi jenis makannan tertentu atau terdapat juga kelompok manusia yang membutuhkan jenis makanan tertentu. Suatu perusahaan katering syariah melakukan pengujian sederhana untuk sampel makanan yang dikirimkan kepada mereka dari mitra mereka. Hasil pengujian dinyatakan pada tabel di atas.
Pernyataan dibawah ini yang tepat adalah ...
(A) Semua bahan makanan dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa penggunaan insulin
(B) Bahan makanan F tepat untuk dikonsumsi oleh orang yang baru sembuh dari sakit
(C) Bahan makanan D tepat dikonsumsi oleh para atlit binaraga atau angkat besi
(D) Bahan makanan C sesuai bagi orang yang baru selesai mengalami operasi pengangkatan empedu

7. Sebagaimana aktivitas lainnya, shalat juga merupakan aktivitas yang membutuhakn energi dalam melakukannya. Berikut adalah asumsi dari energi yang dibutuhkan untuk setiap gerakan pada shalat (bukan data ilmiah dari hasil penelitian)
1. Berdiri mengangkat tangan = 10 kkal
2. Berdiri dan membaca ayat = 1 kkal / ayat
3. Ruku’ = 20 kkal
4. Sujud = 20 kkal
5. Duduk Iftirosy = 25 kkal
6. Duduk tahiyat = 30 kkal
7. Salam = 5 kkal
Berdasarkan informasi di atas, maka pernyataan yang benar adalah ...
(A) Total energi yang dibutuhkan saat shalat subuh, bila ayat yang dibaca adalah 20 ayat secara total lebih kecil dari 100 kkal
(B) Total energi yang dibutuhkan saat shalat Maghrib (total ayat 40 ayat) dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi 7 butir kurma (1 kurma = 23 kkal)
(C) Total energi kebutuhan energi untuk kegiatan jawaban a lebih besar dibandingkan kegiatan jawaban b
(D) Total kebutuhan energi untuk kedua kegiatan bila digabungkan dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi ubi (1 gram = 4 kkal) sekurang-kurangnya pada kisaran 150 gram

8. Di antara rukun haji adalah melaksanakan thawaf dan sa’i. Pernyataan di bawah ini yang benar terkait perbedaan pengaruh aktivitas thawaf dan sai pada tubuh adalah ...
1. Denyut jantung aktivitas thawaf lebih cepat dibandingkan dengan aktivitas sa’i
2. Denyut jantung aktivitas thawaf lebih lambat dibandingkan dengan aktivitas sa’i
3. Frekuensi pernapasan lebih tinggi pada aktivitas thawaf dibandingkan aktivitas sa’i
4. Frekuensi pernapasan lebih rendah pada aktivitas thawaf dibandingkan aktivitas sa’i
(A) I dan III
(B) I dan IV
(C) II dan III
(D) II dan IV

9. Seorang ahli mikrobiologi sedang menguji efek antibiotik pada satu strain bakteri patogen. Dia menanam bakteri pada media agar-agar yang sesuai dan menempatkan cakram kecil yang direndam dalam larutan antibiotik dengan konsentrasi yang sama pada agar-agar. Dia kemudian menginkubasinya di bawah kondisi yang cocok dan mengukur wilayah yang tidak ada pertumbuhan bakteri di sekitar cakram. Hasil yang diperoleh disajikan pada tabel di atas.
Berdasarkan tabel, antibiotik yang paling efektif adalah ...
(A) 1
(B) 2
(C) 3
(D) 4

10. Pada surat Ar Rum : 41, “Telah nampak kerusakan di darat dan di lautan akibat perbuatan tangan (maksiat)[1] manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar)”, Allah menerangkan bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan mereka seringkali melampaui batas sehingga menimbulkan kerusakan di darat dan lautan.

Salah satu bentuk perubahan lingkungan yang terjadi saat ini adalah peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Perubahan ini diduga dapat menyebabkan kerusakan lebih besar lagi. Suatu penelitian dilakukan di TWP Gili Matra Nusa tenggara Barat untuk mengetahui efek dari perubahan ini terhadap kehidupan karang yang berada di bawah laut.
Berdasarkan gambar di atas, pernyataan yang benar berikut ini adalah ...
1. Peningkatan suhu tidak berpengaruh terhadap kelimpahan ikan karang dan recruitmen karang
2. Peningkatan suhu tidak berpengaruh pada level kelimpahan ikan yang hidup pada karang
3. Peningkatan suhu tidak mempengaruhi rekrutmen dari karang
4. Peningkatan suhu berpengaruh pada level rekrutmen karang
(A) I dan II
(B) I dan III
(C) II dan III
(D) II dan IV

Demikian informasi tentang Kumpulan Soal Latihan KSM Biologi MA Tingkat Nasional 2023. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).