Skip to main content

Latihan Soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi 2023

Latihan Soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi 2023

Bimbinganguru.com - Halo sobat madrasah, pada artikel ini admin akan membagikan Latihan Soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi 2023 secara gratis dan lengkap dalam bentuk dokumen dan online.

Contoh Soal Latihan KSM Biologi MA Tingkat Provinsi dibawah ini merupakan naskah asli yang digunakan dari pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah di beberapa tahun sebelumnya yang sudah menerapkan konsep terintegrasi materi keislaman sebagaimana mapel di jenjang madrasah pada umumnya. 

Data tersedia dalam bentuk dokumen dan kutipan online, yang bisa diunduh sebagai referensi belajar untuk lebih mempersiapkan diri dan mengenal konsep pemformatan materi di lembar KSM Biologi MA tingkat provinsi.

KSM MA Tingkat Provinsi

Latihan Soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi 2023

KSM tahun 2023, soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab yang telah disusun dan diintegrasi materi Keislaman seperti Akidah Akhlak, SKI, Al Quran Hadits, Fikih / Fiqih, dan Bahasa Arab. 

Selanjutnya, Lahirnya konsep integrasi didasarkan pada dikotomi antara studi agama dan sains ilmu-ilmu umum. Keduanya terpisahkan, memiliki wilayah materi, dan pemahaman yang berbeda. Hal itu juga dipicu oleh perbedaan antara sistem Islam dan pendidikan sistem pendidikan modern dengan pengaruh laten pada umat Islam. 

Asumsi yang berkembang adalah "Sains tidak peduli dengan agama dan sebaliknya agama tidak mengenal sains.” Tapi Sesungguhnya Al-Quran dan As-Sunnah tidak membedakan antara ilmu agama Islam dan ilmu umum (sains).

Baca Juga :
Seleksi KSM Biologi MA tingkat Provinsi dilakukan secara serentak secara nasional dengan menggunakan Komputer media Tes (CBT) dan diawasi oleh panitia KSM Nasional serta Penilaiannya dilakukan oleh juri yang ditunjuk oleh panitia KSM Nasional dengan mempertimbangkan hasil tes dan nilai skor integritas peserta selama tes berlangsung.

Latihan Soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi 2023


Soal Latihan KSM mapel Biologi MA Provinsi 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen berjumlah total 2 berkas, dan mohon maaf untuk kunci jawaban atau pun pembahasan di tingkat provinsi masih belum tersedia.

Selanjutnya, untuk mengunduh Latihan Soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi 2023. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
KSM 2019 KSM 2021

Kutipan Soal:

1. Makanan yang baik adalah makanan yang kaya akan nutrisi sehingga tubuh kita tidak kekurangan zat gizi. Allah SWT memerintahkan kita untuk mengkonsumsi makanan yang halalan thoyyiban sebagaimana yang disebutkan dalam al Quran surat al Maidah ayat 88 dan al Baqoroh: 168. Jika tubuh kita kekurangan asupan nutrisi, maka akan menimbulkan gangguan bagi tubuh, termasuk kekurangan mineral. Pernyataan berikut yang benar tentang mineral kalium, kecuali ...

(A) Kalium berperan sebagai pengatur tekanan darah
(B) Kelebihan natrium dalam tubuh akan meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap kalium
(C) Kekurangan natrium dalam tubuh akan meningkatkan kebutuhan tubuh terhadap kalium
(D) Kekurangan kalium dapat meningkatkan risiko komplikasi, seperti kelemahan pada otot, aritmia,dan beberapa gangguan jantung.

2. Dalam surat al-Furqon ayat 2, disebutkan bahwa Allah SWT menciptakan segala sesuatu dan menetapkan ukuran-ukuran dengan serapi-rapinya, sebagaimana dapat diilihat pada mikroorganisme.
Di bawah ini beberapa macam sifat mikroorganisme :
1. berkembang biak dengan membelah diri
2. hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup
3. bentuk seperti bola atau batang
4. dapat membentuk kristal
5. hidup secara koloni atau sendiri
6. tubuh terdiri atas ADN atau ARN

Sifat yang dimiliki oleh virus ialah .......
(A) 1, 3, dan 5
(B) 2, 4 dan 6
(C) 1, 2 dan 3
(D) 2, 4 dan 5

3. Obesitas adalah masalah yang sekarang dihadapi oleh negara maju dan sebagian negara berkembang. Terjadinya obesitas berkaitan erat dengan keseimbangan input dan penggunaan energi. Input energi berkaitan dengan nafsu makan yang diatur secara hormonal, sedangkan penggunaan energi berkaitan dengan aktifitas, seperti olahraga. Menurut Imam Ibnu Qoyyim al Jawziyah (1292-1350 M) dalam bukunya Zad al-Ma’ad bahwa ada hubungan antara olah raga dengan kesehatan. Olah raga diketahui efektif dalam menekan obesitas. Pernyataan yang tepat hubungan antara oleh raga dengan sekresi hormon yang mengatur nafsu makan adalah...
(A) Leptin diperoduksi oleh sel adipose berperan dalam memberikan informasi pada otak tentang cadangan energi pada sel dimana dia dihasilkan serta menghambat keinginan untuk makan
(B) Gherlin diproduksi oleh lambung ketika lambung tidak berisi makanan dan berfungsi untuk menstimulasi nafsu makan dan pergerakan lambung
(C) Obestatin berperan dalam mengurangi nafsu makan, pengambilan makanan, dan pergerakan saluran pencernaan.
(D) Penurunan gherin berkaitan dengan penurunan kandungan darah pada sistem pencernaan saat melakukan olah raga

4. Alam merupakan ciptaan Allah yang sempurna dan terdapat ketentuan-ketentuan yang telah sempurna seperti dalam firman Allah, QS Al Furqan: 2. Allah melengkapi makhluknya dengan karunianya yang memungkinkan mereka untuk dapat hidup pada lingkungannya. Kemampuan adaptasi makhluk hidup terhadap lingkungan akan mempengaruhi fisiologi makhluk tersebut.

Hibridisasi yang berlangsung lama berakibat variasi semakin banyak dan semakin jauh menyimpang dari moyangnya dan terbentuklah spesies baru. Terbentuknya spesies baru burung Finch di kepulauan Galapagos diakibatkan oleh adanya ……
(A) isolasi geografi dan fisiologi
(B) isolasi genetik dan geografi
(C) isolasi geografi dan adaptasi
(D) rekombinasi genetik

5. Beberapa jenis ikan memiliki sifat anadromous, yaitu menetas di air tawar dan mengalami pendewasaan di air payau atau air laut seperti yang tersirat dalam Qur’an surat Al Fatir: 12. Kondisi ini memaksa ikan tersebut untuk mengembangkan sistem osmoregulasi untuk bertahan hidup pada lingkungan hypoosmotic (pada sungai) dan hyperosmotic (pada air laut). Faktor-faktor yang berperan dalam proses ini, diantaranya perubahan pada beberapa hormon kortisol, perubahan konsentrasi senyawa pada darah (glukosa, protein) dan perubahan pada hematocrit (Hct), hemoglobin (Hb). Pernyataan berikut benar, kecuali
(A) Salinitas tinggi menurunkan laju pembentukan sel darah merah yang berakibat pada penurunan kadar Hb dan Hct
(B) Peningkatan salinitas mengakibatkan meningkatnya kepekatan plasma darah dan cairan di otot
(C) Peningkatan salinitas menyebabkan stres pada ikan, ini ditandai oleh meningkatnya kadar kortisol di dalam darah akibat peningkatan salinitas
(D) Aklimatisasi meningkatkan tingkat toleransi ikan terhadap salinitas

Demikian informasi tentang Latihan Soal KSM Biologi MA Tingkat Provinsi 2023. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).