Skip to main content

Kumpulan Soal Latihan KSM Kimia MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Kimia MA Tingkat Nasional 2023

Bimbinganguru.com - Hallo sobat Madrasah, pada kesempatan kali ini kami membagikan Kumpulan Contoh Soal KSM di mata pelajaran Kimia MA 2023 tingkat nasional dalam format pdf dan pengerjaan online.

Informasi ini dapat diunduh dan digunakan sebagai bahan pelatihan untuk mempersiapkan peserta dalam kegiatan KSM bidang Kimia terintegrasi materi keislaman jenjang Madrasah Aliyah (MA). Dalam pelaksanaannya, seleksi Lomba Kimia Madrasah Sains dilaksanakan secara nasional bersamaan dengan media komputer dan yang lebih dikenal dengan CBT - Computer Based Test.

Kumpulan Soal Latihan KSM Kimia MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Kimia MA Tingkat Nasional 2023

Kumpulan Soal Latihan KSM Kimia MA Tingkat Nasional yang kami bagikan merupakan arsip naskah asli pelaksanaan ajang kompetisi dalam beberapa tahun terakhir. Pembimbing dan peserta dapat menggunakannya kembali untuk menganalisa bentuk materi, tata bahasa, dan sistem pengerjaan sebagai referensi di Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2023 mendatang.

Baca Juga :
Selain itu, soal latihan KSM Kimia MA Nasional 2023 dengan informasi berupa 3 dokumen sudah dibagikan secara online dan kami mohon maaf untuk kunci jawaban soal nasional belum tersedia. Dokumen pelatihan dengan kunci jawaban tersedia dari Naskah KSM di tingkat kabupaten/kota.

Untuk mengunduhnya, silahkan ikuti tautan di bawah ini :
Kutipan Soal:

1. Tetrodotoxin (Mr=319) adalah bahan kimia beracun yang ditemukan pada ikan buntal. Senyawa ini memiliki LD50 (Lethal Dose 50% of Responses) sebesar 10 g per kg massa tubuh. Seorang ilmuwan kimia melakukan ekstraksi senyawa tetrodotoxin dari satu ekor ikan buntal dewasa. Hasil ekstraksi tersebut kemudian direaksikan dengan 30 gram NaOH (Mr=40) dan hasilnya dianalisis dengan spektroskopi NMR menunjukkan adanya tiga buah serapan gugus alkohol. Berapakah kadar (ppm) senyawa tetrodoksin bagi orang yang memiliki berat badan 70 kg, dan bagaimana hukum mengkonsumsi seekor ikan buntal dewasa bagi orang tersebut jika dikaitkan dengan firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 195 berikut ini?
(A) 1,43 x 10^3 dan Haram
(B) 1,43 x 10^3 dan Halal
(C) 3,42 x 10^3 dan Haram
(D) 3,42 x 10^3 dan Halal

2. Gas xenon terkandung secara alami di atmosfer dengan konsentrasi sekitar 0,086 ppm. Xenon diekstraksi dari udara cair untuk digunakan antara lain sebagai bahan pengisi lampu alat photografi elektronik kecepatan tinggi dan lampu untuk pembunuh bakteri. Walaupun dikenal sebagai salah satu unsur gas mulia, Xenon dapat bereaksi dengan unsur halogen melalui kondisi tertentu. Senyawaan Xenon digunakan untuk proses pembuatan mikroprosesor silikon dan 5- fluoroasil (obat penghambat pertumbuhan sel-sel kanker). Produksi senyawaan xenon dilakukan dengan mereaksikan gas xenon dan fluorin dalam tabung nikel. Untuk itu, tabung nikel dengan volume 100 mL diisi dengan xenon dan fluoride, tekanan parsial masing-masing berturut-turut adalah 1,24 atm dan 10,10 atm pada 25 C. Kemudian tabung nikel dipanaskan hingga 400 C sehingga terbentuk zat padatan tak menguap. Gas F2 yang tidak bereaksi dipindahkan ke tabung nikel lainnya yang volumenya 100 mL. Tekanan parsial gas F2 dalam tabung itu pada 25 C adalah 7,62 atm. Jika diasumsikan semua xenon bereaksi, rumus senyawa hasil reaksi adalah ....
(A) XeF2
(B) XeF4
(C) NiXeFe2
(D) Xe2NiF

3. Fadil menyiapkan 1 Liter larutan penyangga yang mengandung 1 M NaH2 PO4 dan 1 M Na2 HPO4 (pKa = 2,12 ; pKa2 = 7,2 ; pKa3 = 12,3). Larutan tersebut dibagi separuhnya sehingga masing masing mengisi setengah sel elektrolisis. Kedua elektrode menggunakan Pt yang dihubungkan dengan sumber arus listrik 1,25 A selama 212 menit. Jika diasumsikan yang terelektrolisis hanya air, maka pH yang dicapai saat akhir elektrolisis pada anode dan katode berturut-turut adalah ...
(A) 1,6 dan 2,6
(B) 6,9 dan 7,5
(C) 7,2 dan 11,8
(D) 11,8 dan 12,8

4. Keindahan keaneragaman fauna ciptaan Allah di Taman Laut Bunaken yang sangat mempesona dapat dinikmati dengan menyelam (diving) ke dalam laut. Keindahan fauna air tersebut merupakan salah satu bukti kebesaran Allah SWT sebagaimana yang tersurat pada Q-S An Nur: 45. Ketika menyelam, seorang Scuba diver mampu bertahan lama bernafas di dalam air menggunakan tabung scuba berisi 21 % oksigen, 78% nitrogen dan sisanya gas inert lain. Di permukaan laut, nitrogen tidak larut dalam darah, namun akan larut pada tekanan tinggi. Nitrogen yang larut dalam plasma darah dapat mengakibatkan efek nitrogen narkosis. Volume darah dalam tubuh umumnya sekitar 6 L yang terdiri dari 55% sel-sel darah dan sisanya cairan plasma. Bila seorang scuba diver menyelam hingga kedalaman 93 m dengan tekanan 10 atm, maka nitrogen dapat larut dalam plasma darah. Jumlah maksimum volume nitrogen yang terlarut dalam plasma darah adalah .... (Diketahui: K pada suhu tubuh untuk nitrogen adalah 5,8 x 10^4 mol.L^- . atm^-)
(A) 0, 39 L
(B) 0, 48 L
(C) 0, 69 L
(D) 0, 88 L

5. Limbah DDT dapat terdekomposisi dalam waktu yang lama. Laju dekomposisi DDT pada suhu 12 C mengikuti kinetika reaksi orde pertama dengan waktu paruhnya adalah 46 hari. Jika dalam sekali panen, limbah DDT yang terakumulasi dalam sebuah danau adalah 8,46 x 10-5 M, maka berapa hari waktu yang dibutuhkan agar danau tersebut aman untuk ekosistem air (konsentrasi aman = 1,41 x 10^-7 M)? ( ln 2 = 0.693, ln 6 x 10^2 = 6,39)
(A) 23 kali jumlah syarat-syarat tayamum
(B) 29 kali jumlah sunnah mandi besar
(C) Jumlah dari rakaat shalat-shalat fardlu yang dilakukan pada selang waktu zawal (waktu tergelincirnya matahari dari tengah-tengah langit) sampai terbenamnya matahari selama 31 hari
(D) Jumlah dari rakaat shalat-shalat fardlu yang dilakukan pada selang waktu hilangnya mega merah hingga terbitnya matahari selama 71 hari

Demikian artikel tentang Kumpulan Latihan Soal KSM Kimia MA Tingkat Nasional. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).