Skip to main content

Latihan Soal KSM Kimia MA Tingkat Provinsi 2023

Latihan Soal KSM Kimia MA Tingkat Provinsi 2023

Bimbinganguru.com - Hallo sobat madrasah, pada artikel kali ini admin membagikan soal latihan KSM Kimia MA Tingkat Provinsi 2023 secara gratis dan lengkap dalam format dokumen dan juga disertai kutipan pengerjaan online.

Contoh Soal Latihan KSM Kimia MA Tingkat Provinsi dibawah ini merupakan naskah asli yang digunakan dari pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah di beberapa tahun terakhir yang sudah menerapkan konsep terintegrasi materi keislaman sebagaimana bidang mata pelajaran yang telah dipelajari di jenjang Madrasah Aliyah. 

Data tersedia dalam bentuk dokumen dan kutipan online, yang bisa diunduh sebagai referensi belajar untuk lebih mempersiapkan diri dan mengenal konsep pemformatan materi di lembar KSM Kimia MA tingkat provinsi.

KSM MA Tingkat Provinsi

Latihan Soal KSM Kimia MA Tingkat Provinsi 2023

KSM tahun 2023, soal KSM Kimia MA Tingkat Provinsi akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab yang telah disusun dan diintegrasi materi Keislaman seperti Akidah Akhlak, SKI, Al Quran Hadits, Fikih / Fiqih, dan Bahasa Arab. 

Selanjutnya, Lahirnya konsep integrasi didasarkan pada dikotomi antara studi agama dan sains ilmu-ilmu umum. Keduanya terpisahkan, memiliki wilayah materi, dan pemahaman yang berbeda. Hal itu juga dipicu oleh perbedaan antara sistem Islam dan pendidikan sistem pendidikan modern dengan pengaruh laten pada umat Islam. 

Asumsi yang berkembang adalah "Sains tidak peduli dengan agama dan sebaliknya agama tidak mengenal sains.” Tapi Sesungguhnya Al-Quran dan As-Sunnah tidak membedakan antara ilmu agama Islam dan ilmu umum (sains).

Baca Juga :
Seleksi KSM Kimia MA tingkat Provinsi dilakukan secara serentak secara nasional dengan menggunakan Komputer media Tes (CBT) dan diawasi oleh panitia KSM Nasional serta Penilaiannya dilakukan oleh juri yang ditunjuk oleh panitia KSM Nasional dengan mempertimbangkan hasil tes dan nilai skor integritas peserta selama tes berlangsung.

Latihan Soal KSM Kimia MA Tingkat Provinsi 2023


Soal Latihan KSM Kimia MA Provinsi 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen berjumlah total 2 berkas, dan mohon maaf untuk kunci jawaban atau pun pembahasan di tingkat provinsi masih belum tersedia.

Selanjutnya, untuk mengunduh Latihan Soal KSM Kimia MA Tingkat Provinsi 2023. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
KSM 2019 KSM 2021

Kutipan Soal:

1. Dalam dua tahun terakhir, harga paladium murni melebihi harga emas yaitu Rp.1,3 juta/gram. Pak Niam memproduksi logam paladium melalui elektrolisis larutan PdCl2 dengan electrode Ag dan diperoleh sisa hasil elektrolisis berupa endapan putih sebanyak 14,35 gram setiap harinya. Pak Niam meninggal dunia setelah 2 bulan memproduksi paladium dan hanya memiliki 20% uang hasil penjualan paladium sebagai warisan. Berdasarkan surat An-Nisa’ berapa juta uang warisan yang berhak diperoleh istrinya apabila pak Niam tidak memiliki seorang anak? (Diketahui 1 bulan = 30 hari dan massa molar, g.mol-1 : Ag = 108; Pd =106 ; Cl = 35,5)
(A) 10,335
(B) 20,67
(C) 41,34
(D) 82,68

2. Islam menganjurkan kita mengkonsumsi makanan yang baik dan berasal dari sumber yang baik pula. Soda kue telah dikenal sebagai bahan pendukung masakan yang dikenal manfaatnya secara luas. Suatu sampel yang mengandung soda kue seberat 8 gram dipanaskan dan reaksi berlangsung sempurna, sehingga senyawanya terurai. Jika massa sampel setelah pemanasan adalah 6 gram, maka persentasi soda kue dalam sampel adalah…
(Diketahui massa molar, g.mol-1: Na=23, H=1, C=12, O=16)
(A) 5,4
(B) 17
(C) 67,5
(D) 135

3. Rasulullah mengajarkan pada umatnya untuk menjadi manusia yang bermanfaat sebagaimana hadist berikut: Soda abu dibuat oleh para ahli dengan banyak manfaat seperti untuk proses pembuatan kaca, deterjen dan sabun. Sejumlah 5,0 gram sampel soda abu (natrium karbonat) yang tidak murni dititrasi dengan memerlukan 35,00 ml larutan asam sulfat 0,108 N, (dengan menganggap bahwa tidak ada komponen aktif lain yang ada dalam sampel). Maka dari pernyataan ini:
1. Hadist di atas diriwayatkan oleh Bukhari
2. Massa ekuivalen Na CO adalah ½ dari Massa Molar NaHCO
3. 1 grek Na CO = 53,0 gram
4. Massa natrium karbonat sama dengan rakaat sholat subuh
5. Persentasi natrium karbonat dalam sampel adalah 40%
Pernyataan yang benar adalah:
(A) 1, 2 dan 4
(B) 1, 2 dan 5
(C) 2, 4 dan 5
(D) 3, 4 dan 5

Demikian informasi tentang Latihan Soal KSM Kimia MA Tingkat Provinsi 2023. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).