Skip to main content

Latihan Soal KSM Matematika MA Tingkat Provinsi 2023

Latihan Soal KSM Matematika MA Tingkat Provinsi 2023

Bimbinganguru.com - Berikut ini adalah Latihan Soal KSM Matematika jenjang Madrasah Aliyah MA Tingkat Provinsi Tahun 2023.

Soal Latihan KSM Matematika MA Tingkat Provinsi yang kami bagikan ini adalah arsip dari naskah asli dari pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah di beberapa tahun sebelumnya yang sudah menerapkan konsep terintegrasi materi keislaman. 

Data tersedia dalam bentuk dokumen dan kutipan online, yang bisa diunduh sebagai referensi belajar untuk lebih mempersiapkan diri dan mengenal konsep pemformatan materi di lembar KSM Matematika MA tingkat provinsi.

KSM MA Tingkat Provinsi

Latihan Soal KSM Matematika MA Tingkat Provinsi 2023

KSM tahun 2023, soal KSM Matematika MA Tingkat Provinsi akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab yang telah disusun dan diintegrasi materi Keislaman seperti Akidah Akhlak, SKI, Al Quran Hadits, Fikih / Fiqih, dan Bahasa Arab. 

Selanjutnya, Lahirnya konsep integrasi didasarkan pada dikotomi antara studi agama dan sains ilmu-ilmu umum. Keduanya terpisahkan, memiliki wilayah materi, dan pemahaman yang berbeda. Hal itu juga dipicu oleh perbedaan antara sistem Islam dan pendidikan sistem pendidikan modern dengan pengaruh laten pada umat Islam. 

Asumsi yang berkembang adalah "Sains tidak peduli dengan agama dan sebaliknya agama tidak mengenal sains.” Tapi Sesungguhnya Al-Quran dan As-Sunnah tidak membedakan antara ilmu agama Islam dan ilmu umum (sains).

Baca Juga :
Seleksi KSM Matematika MA tingkat Provinsi dilakukan secara serentak secara nasional dengan menggunakan Komputer media Tes (CBT) dan diawasi oleh panitia KSM Nasional serta Penilaiannya dilakukan oleh juri yang ditunjuk oleh panitia KSM Nasional dengan mempertimbangkan hasil tes dan nilai skor integritas peserta selama tes berlangsung.

Latihan Soal KSM Matematika MA Tingkat Provinsi 2023


Soal Latihan KSM Matematika MA Provinsi 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen berjumlah total 2 berkas, dan mohon maaf untuk kunci jawaban atau pun pembahasan di tingkat provinsi masih belum tersedia.

Selanjutnya, untuk mengunduh Latihan Soal KSM Matematika MA Tingkat Provinsi 2023. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
KSM 2019 KSM 2021

Selain Soal KSM MA di bidang Matematika Tingkat Provinsi, tersedia juga berbagai bidang lainnya yang dapat diunduh melalui tautan ini.
Kutipan Soal:

1. Dari 2019 bilangan asli pertama, dipilih n bilangan secara acak. Jika setiap dipilih, selalu terdapat 3 bilangan yang membentuk segitiga, berapakah nilai terkecil dari n?
(A) 16
(B) 17
(C) 18
(D) 19

2. Untuk menyelesaikan penyiapan catering untuk 600 jemaah haji, Ahmad memerlukan waktu 2 jam, Amir memerlukan waktu 3 jam, Akmal memerlukan waktu 4 jam, dan Aziz memerlukan waktu 6 jam. Keempatnya bekerja bersama untuk menyelesaikan penyiapan catering dan setelah 36 menit Akmal tidak ikut membantu karena ada keperluan lain. Memasuki menit ke-46, sisa catering yang belum disiapkan sebanyak … catering.
(A) 40
(B) 55
(C) 60
(D) 65

3. Zubaidah melakukan thawaf pada lintasan yang berjarak 15 m dari pusat ka’bah dengan kecepatan 5,28 Km/jam. Satu setengah menit kemudian, Ramlah melakukan thawaf pada lintasan yang berjarak 20 m dari pusat ka’bah. Jika Ramlah ingin thawafnya selesai bersamaan dengan Zubaidah, maka kecepatan yang harus dilakukan Ramlah adalah ….
(A) 10,56 Km/jam
(B) 13,8 Km/jam
(C) 17,6 Km/jam
(D) 21,21 Km/jam

4. Misalkan L adalah banyaknya berhala yang mengelilingi ka’bah pada masa pra Islam. Berpusat di titik pusat ka’bah, dibuat lingkaran seluas 8L satuan luas. Di dalam lingkaran tersebut dibuat lingkaran-lingkaran sepusat yang diameternya setengah diameter lingkaran di luarnya. Luas lingkaran keempat adalah … satuan luas.
(A) 45
(B) 90
(C) 180
(D) 225

5. Bilangan yang menyatakan urutan suatu surat di atas juz 11 dalam al-Quran jika ditambah bilangan banyak ayat surat al-Fathir sama dengan bilangan tersebut dalam urutan terbalik. Jika di antara angka puluhan dan satuan bilangan tersebut disisipkan bilangan banyak ayat surat al Humazah akan diperoleh bilangan yang besarnya 11 kali bilangan tersebut. Bilangan yang dimaksud merupakan urutan surat ….
(A) al-Hajj
(B) al-Hijr
(C) an-Nur
(D) an-Naml

Demikian informasi tentang Latihan Soal KSM Matematika MA Tingkat Provinsi 2023. Terima kasih atas kunjungannya.
BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).