Skip to main content

Soal Latihan KSM IPA MI 2023 Tingkat Provinsi

Soal Latihan KSM IPA MI 2023 Tingkat Provinsi

Bimbinganguru.com - Berikut ini adalah Soal Latihan KSM IPA MI 2023 Tingkat Provinsi. Contoh Soal KSM Ilmu Pengetahuan Alam MI Terintegrasi materi Keislaman Tingkat Provinsi yang kami bagikan ini merupakan arsip dari naskah asli dari pelaksanaan Kompetensi Sains Madrasah dalam beberapa tahun terakhir. 

Data tersebut dapat didownload dan digunakan sebagai bahan latihan untuk mempersiapkan peserta dalam ajang kompetensi di mata pelajaran pelajaran IPA MI Terintegrasi Keislaman yang dinaungi oleh Kementerian Agama (Kemenag) tersebut.

KSM MI Tingkat Provinsi

Soal Latihan KSM IPA MI 2023 Tingkat Provinsi

KSM tahun 2023, soal KSM IPA MI Tingkat Provinsi akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab dan telah diintegrasi dengan materi Keislaman seperti Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan islam (SKI), Al Quran Hadits, Fikih / Fiqih. Hal ini merupakan sebuah bentuk persiapan kegiatan Kompetisi Sains Madrasah di masa mendatang yang akan Go International, berkompetisi dengan beberapa negara sahabat. 

Baca Juga :
Rincian integrasi keislaman, yang selanjutnya dapat dipahami peserta lomba adalah sebagai beriku:
a. Soal IPA yang terintegrasi dengan keislaman dengan menggali konsep-konsep sains yang nantinya akan disajikan dalam isi yang ada dalam Al Qur'an
b. Soal IPA dengan menggali konsep yang ada dalam Islam semisal zakat, falak, dan tema lainnya yang berhubungan dengan sains, dimaksudkan agar peserta tetap mengkaji konsep keislaman dengan sains yang holistik
c. Soal keilmuan IPA murni, ini dilakukan sebagai upaya tetap mensejajarkan siswa madrasah dengan siswa olimpiade sains jenjang SMA.
d. Menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, atau Bahasa Arab.

Selanjuntya, Seleksi KSM IPA MI tingkat Provinsi dilakukan secara serentak secara nasional dengan menggunakan Computer-Based Test (CBT) dan dipantuan oleh Komite KSM Nasional dan Penilaian dilakukan oleh dewan juri yang ditunjuk oleh Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan hasil tes dan skor integritas peserta selama tes berlangsung.

Soal Latihan KSM IPA MI 2023 Tingkat Provinsi


Contoh Soal KSM IPA MI Provinsi Terintegrasi 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen berjumlah total 2 berkas, dan mohon maaf untuk kunci jawaban di tingkat provinsi masih belum tersedia.


Selanjutnya, untuk mengunduh Soal Latihan KSM IPA MI 2023 Tingkat Provinsi. Silahkan ikuti tautan di bawah ini :
KSM 2019 KSM 2021

Kutipan Soal:

1. Berwudhu dengan cara yang benar niscaya dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti penyakit kanker, flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi, dan sebagainya. Sebagaimana dalam sejarah hidup Rasulullah SAW tak pernah menderita penyakit, kecuali saat sakaratul maut hingga wafatnya. Berwudhu itu dapat menghilangkan berbagai macam penyakit.

Sesungguhnya, cara berwudhu yang baik adalah dimulai dengan membasuh tangan, berkumur kumur, menghirup air ke dalam hidung sehingga zat kotoran yang menempel akan terlepas dari dindingnya. Hal ini dikarenakan ada peristiwa fisika, yaitu….
(A) Turut larutnya kotoran oleh udara yang mengalir keluar pada rongga hidung.
(B) Turut larutnya kotoran oleh air yang menghangat masuk pada rongga hidung.
(C) Turut larutnya kotoran oleh udara yang keluar dan masuk dari rongga hidung.
(D) Turut larutnya kotoran oleh air yang mengenai dan mengalir pada rongga hidung.

2. “Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah ia (air) di lembah-lembah menurut ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang.” (QS. Ar-Ra‘d: 17).
Berdasarkan ayat tersebut, siklus air sudah ada ukuran atau jumlahnya. Hal yang tidak mempengaruhi kondisi siklus air tersebut adalah...
(A) Deforestasi hutan tropis
(B) Global warming
(C) Ozon berlubang
(D) Cahaya matahari

3. Hanif melakukan percobaan kualitas air sungai di pegunungan dengan menggunakan indikator hewan makroinvertebrata. Berdasarkan uji kualitas air yang dilakukannya, air sungai di pegunungan tersebut tergolong masih sangat bagus. Hewan makroinvertebrata yang ditemukan Hanif di sungai tersebut adalah ...
(A) Planaria dan mayfly
(B) Kerang dan cacing Tubifex
(C) Larva capung dan keong mas
(D) Cacing tanah dan siput air

4. Teknologi rekayasa DNA dengan menggunakan metode CRISPR saat ini banyak digunakan.
Berikut yang bukan termasuk hasil rekayasa DNA dengan CRISPR adalah...
(A) terapi penyakit HIV/AIDS
(B) mengedit gen janin manusia
(C) rekayasa jenis kelamin nyamuk
(D) rekayasa plasmid Agrobacterium

5. "Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia." (QS. Ar-Rum: 41). Berdasarkan ayat tersebut, salah satu masalah lingkungan adalah pencemaran sampah plastik. Seorang peneliti berhasil membuat bioplastik untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang berasal dari rumput laut. Komposisi utama yang mendukung rumput laut sebagai bioplastik adalah ...
(A) Karbohidrat
(B) Protein
(C) Lemak
(D) Mineral

Demikian informasi tentang Soal KSM IPA MI Tingkat Provinsi. Terima kasih atas kunjungannya.

BimbinganGuru.com : “Tak ada gading yang tak retak”,- setiap hal atau sesuatu pasti memiliki kekurangan (kelemahan).